10 Game PC Terbaik Untuk Anak-anak

10 Game PC Terbaik untuk Bocah-Bocah Gaul

Sebagai orang tua yang peduli dengan perkembangan anak, penting untuk memberikan hiburan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga bermanfaat. Game PC bisa menjadi pilihan tepat karena menawarkan interaksi interaktif, merangsang kreativitas, dan mengembangkan keterampilan kognitif. Nah, berikut adalah 10 game PC terbaik yang cocok untuk anak-anak, baik dari sisi konten maupun tingkat kesulitannya.

1. Minecraft

Game sandbox yang satu ini pasti udah gak asing lagi buat anak-anak. Dalam Minecraft, mereka bisa membangun dunia mereka sendiri, mengeksplorasi lingkungan yang luas, dan berinteraksi dengan makhluk-makhluk aneh. Selain seru, Minecraft juga melatih kreativitas dan pemecahan masalah.

2. Roblox

Roblox adalah platform game online yang memiliki banyak sekali minigame yang bisa dimainkan bersama teman. Dari simulasi hingga petualangan, Roblox menawarkan berbagai pilihan yang cocok untuk semua usia. Dengan lingkungan yang aman dan dimoderasi, anak-anak dapat bersosialisasi sambil bermain.

3. LEGO Star Wars: The Skywalker Saga

Game petualangan aksi ini mengajak anak-anak menjelajahi galaksi Star Wars yang ikonik. Mereka bisa mengikuti kisah karakter favorit mereka, mengontrol banyak kendaraan, dan bertempur melawan musuh galaksi yang jahat. Serunya, game ini juga penuh dengan puzzle dan humor yang akan membuat anak-anak terhibur.

4. Mario Kart 8 Deluxe

Game balap yang satu ini memang klasik dan selalu disukai oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Dengan karakter yang lucu dan lintasan yang penuh rintangan, Mario Kart 8 Deluxe menawarkan keseruan maksimal. Cocok banget buat jadi bahan ketawa-ketiwi bareng keluarga atau teman.

5. Scribblenauts Unlimited

Game puzzle yang unik ini menguji imajinasi dan kreativitas anak-anak. Dalam Scribblenauts Unlimited, mereka bisa menciptakan objek apa pun yang mereka inginkan hanya dengan menuliskannya. Dengan lebih dari 50 level, game ini pasti bikin anak-anak betah berlama-lama.

6. Fortnite

Meskipun Fortnite sempat kontroversial karena kekerasannya, ada mode permainan khusus yang lebih ramah anak, yaitu "Party Royale." Di mode ini, anak-anak bisa main bioskop bareng, nonton konser virtual, atau sekadar nongkrong dengan teman-teman.

7. Animal Crossing: New Horizons

Game simulasi kehidupan ini sangat cocok untuk anak-anak yang suka mengumpulkan, mendekorasi, dan berinteraksi dengan warga desa yang lucu. Di Animal Crossing: New Horizons, mereka bisa membangun pulau impian mereka, mengoleksi ratusan item bertema, dan menciptakan komunitas.

8. Toca Life World

Seri Toca Life memang terkenal ramah anak dan edukatif. Toca Life World adalah seri terbaru yang menggabungkan semua game Toca Life sebelumnya dalam satu platform. Anak-anak bisa menjelajahi beragam lokasi, membuat karakter mereka, dan menciptakan cerita mereka sendiri.

9. Minecraft: Education Edition

Versi Minecraft yang satu ini khusus dirancang untuk pendidikan. Minecraft: Education Edition dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti mode kelas, editor kode, dan perpustakaan konten pendidikan. Cocok banget buat anak-anak yang ingin belajar sambil bermain.

10. Paw Patrol: On a Roll!

Buat penggemar serial kartun Paw Patrol, ada game PC resmi yang pasti bakal bikin mereka senang. Di Paw Patrol: On a Roll!, mereka bisa mengendalikan anak anjing penyelamat favorit mereka dan menyelesaikan misi-misi penyelamatan yang seru.

Tips Memilih Game PC untuk Anak

Sebelum memilih game PC untuk anak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Rating ESRB: Rating ESRB (Entertainment Software Rating Board) menunjukkan tingkat kekerasan, bahasa, atau konten dewasa lainnya dalam sebuah game. Pastikan game yang dipilih sesuai dengan usia dan kematangan anak.
  • Konten: Perhatikan konten game sebelum membeli. Hindari game yang berisi kekerasan, ketakutan, atau tema yang tidak sesuai.
  • Tingkat kesulitan: Pilih game yang sesuai dengan kemampuan anak. Game yang terlalu sulit bisa membuat mereka frustasi, sementara game yang terlalu mudah bisa membuat mereka bosan.
  • Fitur multiplayer: Jika anak ingin bermain dengan teman, pastikan game tersebut memiliki mode multiplayer yang aman dan terpantau.
  • Biaya: Pertimbangkan biaya pembelian game dan juga biaya tambahan seperti langganan atau pembelian dalam aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *